Senin, 15 Oktober 2012

KASUS SUPPLY CHAIN MANAGEMENT


KONSEP E-BUSINESS
KASUS SCM






Disusun Oleh :
Farah Priminta A.                 (10410110009)



S1 KOMPUTERISASI AKUNTANSI
Dosen Pembina : Alexander Machicky Mayestino, S.T., M.MT



SEKOLAH TINGGI
MANAJEMEN INFORMATIKA DAN TEKNIK KOMPUTER
SURABAYA
2012
INTERNET
Internet yang berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, biasanya harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada di kota tempat tinggal pengguna. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet ataupun dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet Instan. Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain.

Gambar 1 Jaringan Internet
Komentar :
Komputer yang terhubung ke internet dapat digunakan sebagai alat komunikasi dan tukar menukar informasi antara pengguna yang satu dengan pengguna yang lain walaupun jarak mereka sangat jauh. Informasi yang dihasilkan berupa teks, gambar, suara, dan video. Internet juga berfungsi sebagai alat bisnis, media jual beli produk secara online, media promosi, dan sebagainya.


INTRANET
Intranet adalah jaringan komputer dalam sebuah perusahaan yang menggunakan teknologi internet. Pada dasarnya lingkungan intranet sama seperti internet, tetapi lebih bersifat privat bagi perusahaan bersangkutan. Dalam hal ini, pengakses informasi yang berkaitan dengan sistem basis data juga dilakukan melalui browser seperti internet explorer dan mozilla firefox. Keuntungan penggunaan intranet antara lain adalah sebagai berikut :
1.        Adanya standar dalam menyajikan informasi karena semua informasi diakses melalu browser. Pemakai informasi tidak perlu menginstall program untuk mengakses informasi.
2.        Memudahkan siapa saja menyajikan informasi.
3.        Memudahkan untuk melakukan koneksi internet
Kadang kala internet juga dihubungkan ke jaringan internet dengan dilengkapi firewall. Firewall adalah program yang dijalankan pada komputer yang berkedudukan sebagai server dengan tujuan untuk mencegah akses seseorang ke dalam intranet, tetapi memungkinkan pemakai di dalam intranet mengakses internet.

Gambar 2 Intranet
Komentar :
Intranet mempunyai fungsi yang sama dengan internet, namun hanya digunakan di suatu perusahaan dan jaringan komputernya tidak terlalu luas. Perusahaan melakukan proteksi pada jaringan intranetnya agar jaringan di luar perusahaan tidak dapat mengakses ke dalam intranet. Ada beberapa orang di luar perusahaan yang dapat mengakses intranet namun jika perusahaan tersebut menyebarluaskan sebagian jaringan intranetnya. Proteksi yang dilakukan menggunakan Firewall.


EKSTRANET
Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain. Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

Gambar 3 Extranet
Komentar :
Ekstranet digunakan oleh beberapa orang atau organisasi tertentu yang memiliki ijin dan hak untuk mengakses jaringan intranet suatu perusahaan, sehingga pengguna internet tidak dapat mengakses informasi dari jaringan tersebut.

WEBSITE
Website dapat diartikan sebagai kumpulan dari halaman-halaman web (web page) yang menampilkan data dan informasi yang dapat berupa text, gambar, animasi maupun video yang berkaitan satu dengan yang lain dan dihubungkan melalui hyperlink. Website dapat diakes apabila telah diberikan nama domain maupun subdomain dan ditempatkan di dalam world wide web (www) di internet. Nama domain adalah alamat unik yang terdapat di internet yang berfungsi sebagai alamat untuk mengidentifikasi sebuah website di internet. Nama domain ini sendiri nantinya harus didaftarkan ke dalam hosting yang berfungsi sebagai server atau tempat penyimpanan untuk website sehingga biasa ditampilkan di internet.

Gambar 4 Website atau Situs
Komentar :
Website adalah sebuah situs yang digunakan untuk mencari informasi di dalam internet. Halaman situs internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, namun ada beberapa situs yang tidak dapat diakses secara langsung, harus melakukan registrasi atau pembayaran sebagai anggota. Pembatasan yang dilakukan bertujuan untuk keamanan, komersil, dan menghormati privasi seseorang.


KASUS SCM : DELL COMPUTER
·           Banyak industri membutuhkan kecepatan yang tinggi untuk berkompetisi, termasuk industri komputer.
·           Menurut Michael Dell, tantangan utama sebuah yang harus dihadapi pada saat kecepatan menjadi ukuran kritis adalah “Mengubah fokus dari berapa persediaan yang harus disimpan menjadi seberapa cepat dia berpindah atau mengalir”.
·           Perusahaan sering kali harus mengembangkan mekanisme untuk memonitor kecepatan mengalirnya barang atau produk. Di industri komputer misalnya, setiap chips disertai dengan kode 4 digit yang menandakan tahun dan minggu keberapa chips itu dibuat. Misalnya, 99-23 berarti chips tersebut dibuat pada minggu ke 23 tahun 1999.
Kenapa kecepatan ini penting?
·           Menurut Dell, “apabila kita memiliki persediaan untuk 11 hari sedangkan pesaing kita memiliki untuk 80 hari maka pada saat misalnya ada chips baru dari Intel, kita akan bisa memasarkannya 69 hari lebih cepat”.
·           Kecepatan juga penting karena inventory, terutama pada komputer industry, membawa resiko yang besar _ harga material turun sampai 50% per tahun.
Bagaimana Dell meningkatkan kecepatan aliran barang?
·           Salah satu caranya adalah dengan kerjasama dan koordinasi secara dekat dengan supplier.
·           Dengan supplier seperti Sony, yang memproduksi monitor dengan kualitas dan kehandalan yang bagus, Dell tidak perlu menimbun banyak persediaan.
·           Dell tidak perlu melakukan incoming inspection pada monitor yang dikirim oleh Sony karena defect-nya sudah bisa ditekan ke bawah 1000 untuk setiap 1 juta produk.
Dell menjual komputer langsung ke pemakai akhir. “Kita minta Airbone Express atau UPS untuk mengambil 10000 komputer di Texas sehari dan pergi ke Mexico untuk mengambil monitor sejumlah yang sama dari pabriknya Sony. Kemudian, ketika kita semua tidur, mereka merakit komputer dengan monitornya dan kemudian mengirimnya ke pemesan”.

Komentar :
Melihat kasus Dell Computer tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Dell Computer melaksanakan Supply Chain Management untuk memaksimalkan keuntungan secara keseluruhan bagi perusahaan Dell itu sendiri. Dell Computer mengelola bagaimana cara menjual produknya yang sesuai dengan pesanan tanpa harus ada persediaan. Ia bekerjasama dengan perusahaan Sony yang mempunyai produk berkualitas sebagai pemasok dan pabrik perakitan Dell yaitu Airbone Express atau UPS yang juga sebagai jasa pengiriman barang yang akan mengirim pesanan kepada end user. Internet juga berperan di dalam bisnis yang dilakukan Dell Computer, menggunakan website sebagai sarana pemesanan barang. Jadi, perusahaan yang melaksanakan aktivitas SCM mempunyai manfaat diantaranya adalah :
1.        Menjadi lebih efektif dan efisien.
2.        Mengurangi persediaan, resiko, dan biaya.
3.        Konsistensi dan kestabilan di dalam pemesanan barang ke pemasok dan pendistribusian atau pengiriman ke end user tinggi.

Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar