Sabtu, 31 Desember 2011

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI (II)

MAKALAH


Kode Mata Kuliah
:
410112010
Nama Mata Kuliah
:
Perancangan Sistem Informasi
Nama Dosen
:
Titik Lusiani, M.Kom, OCA
Judul
:
Desain Sistem Informasi Rumah Makan HANDAYANI





Oleh:
10.41011.0009
Farah Priminta Arumsari
10.41011.0011
Relina Ayudhia
10.41011.0013
Cahya Apriliana



SEKOLAH TINGGI
MANAJEMEN INFORMATIKA & TEKNIK KOMPUTER
SURABAYA 
2011


BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang Masalah
Restoran Handayani merupakan restoran yang menjual makanan dan minuman ala indo-thai seafood. Restoran ini terletak di Jl. Prapen Indah A-28, Surabaya. Restoran Handayani melayani secara langsung dan pemesanan. Penyajian yang ditawarkan berupa service table, buffet, catering, lunch box, tumpeng, dan kambing guling. Restoran ini juga dilengkapi dengan VIP room dan live music setiap hari jam 19.00 – 21.30. VIP room, electon, dan penyanyi dapat dipesan.
Dilihat dari sudut pandang pelanggan, mereka menginginkan pelayanan yang praktis dan efisien sehingga tidak menyita waktu serta tenaga. Pada sistem pemesanan restoran Handayani dilengkapi informasi lengkap mengenai restoran dan menu apa saja yang ditawarkan.
Selain merancang sistem pemesanan, penulis juga merancang sistem pembayaran dan pencatatan laporan keuangan  untuk membantu  para karyawan dalam melakukan pekerjaan.
Berdasarkan uraian diatas maka penulis mengambil judul “DESAIN SISTEM INFORMASI RESTORAN”

1.2     Perumusan Masalah
1.        Bagaimana merancang sistem informasi penjualan yang lebih efektif dan efisien untuk restoran Handayani ?
2.        Bagaimana merancang sistem informasi pembayaran untuk mempermudah proses pembayaran karyawan pada restoran Handayani ?
3.        Bagaimana merancang sistem informasi pencatatan laporan keuangan untuk restoran Handayani?

1.3     Batasan Masalah
Dalam proposal ini, penulis membahas mengenai proses-proses yang ada pada restoran yaitu:
1.         Proses Pembelian.
2.        Proses Penjualan.
3.        Proses pembayaran kepada bagian pembayaran (kasir)
4.        Proses pencatatan laporan keuangan.
1.4     Tujuan
Proposal ini dibuat bertujuan untuk :
1.    Merancang sistem informasi pembelian untuk mempermudah proses pengecekan stok dan pembelian bahan kepada supplier.
2.    Merancang sistem informasi penjualan yang lebih efektif dan efisien untuk restoran Handayani.
3.    Merancang sistem informasi pembayaran untuk mempermudah proses pembayaran karyawan pada restoran Handayani.
4.    Merancang sistem informasi pencatatan laporan keuangan untuk restoran Handayani.

1.5    Manfaat
Manfaat yang dapat diperoleh dari Desain Sistem Informasi Restoran yang telah penulis buat adalah :
1.    Dapat membantu meningkatkan kinerja di rumah makan itu sendiri.
2.    Mempermudah para karyawan untuk mendapatkan informasi yang terkait dengan proses proses yang ada dalam rumah makan tersebut dengan mudah, efektif dan efisien. 
3. Mempermudah pelanggan yang ingin melakukan pemesanan secara komputerisasi.

BAB II
ANALISA SISTEM

2.1 Dokumen Flow Lama Proses Pembelian

2.2 Dokumen Flow Lama Proses Penjualan 

2.3 Dokumen Flow Lama Proses Pembayaran

2.4 Dokumen Flow Lama Proses Pencatatan Laporan Keuangan

BAB III
DESAIN SISTEM

3.1 Analisa Sistem Baru (Dokumen Flow Komputerisasi)

3.1.1. Proses Pembelian 


3.1.2. Proses Penjualan


3.1.3.    Proses Pembayaran 


3.1.4. Proses Pencatatan Laporan Keuangan

 
3.2    Data Flow Diagram

Contex Diagram

HIPO (Diagram Berjenjang)

DFD Level 0


3.3    ERD

1.3.1.      CDM (Conceptual Data Model)


1.3.1.      PDM (Physical Data Model)

3.5    Desain Input Output

3.5.1. Form Login
Berisi nama Karyawan dan Password yang telah diberi oleh pihak perusahaan.  Form ini dibuat agar server dapat mengetahui siapa yang telah mengakses Sistem pada waktu itu jika ada suatu masalah. 

3.5.2. Form Karyawan
Form untuk menyimpan Data tentang karyawan yang telah bekerja pada Rstoran tersebut. ID Karyawan diisi sesuai Jabatan karyawan. Inisialisasi ID adalah diambil 2 angka setelah angka pertama. ListView untuk melihat dan menyimpan hasil Inputan.

3.5.3. Form Menu
Desain ini dibuat untuk menyimpan data menu apa saja yang terdapat pada Restoran tersebut. Kode menu diisi berdasarkan penginisialisasian. Jika angka pertama yang diketikan adalah “1” maka termasuk Jenis makanan “Appetizer”, “2” = “ Breakfast”, “3” = “lunch”, “4” = “Dinner”, “5” = “Dessert”. Sedangkan sisa angka dibelakang adalah nama menu dari jenis menu itu sendiri.
Button Tambah Menu digunakan untuk menambah menu baru yang belum pernah ada pada Restoran tersebut.

3.5.4. Form Supplier
Desain untuk Supplier dibuat untuk menyimpan data-data Supplier yang biasa mensupply kebutuhan Restoran. ID supplier diisi berdasarkan jenis Barang yang akan di order,, Pakai Inisialisasi seperti pada menu,, Diambil 1 digit dari depan,, jika diinputkan “1” =“Supplier Sayuran, “2” = “Ikan”, “3”=“Daging”, “4” = “Buah”, “5” = Air Mineral”, “6” = Softdrink”.
Sisa angka dibelakang adalah tergantung nama masing2 dari jenis2 tersebut misal “104” = jenis sayuran = Kangkung.
Kami memakai beberapa Supplier yang berbeda walau dalam 1 jenis Item saja. Munkin wortel dan kangkung pada supplier A, Kubis dan terong pada Supplier B, Kualitas no.1.


3.5.5. Form Penjualan
Desain ini dibuat untuk data pada Restoran tersebut agar mengetahui Informasi Penjualan pada hari sebelum2nya dan pada hari ini. No.Nota Jual diisi Berdasarkan urutan nota jual yang sudah pernah dikeuarkan secara berurutan dan tidak boleh sama berdasarkan Tanggal Penjualan.

3.5.6. Form Stok Bahan
Desain ini dibuat untuk mengetahui berapa jumlah Minimum stok pada Restoran,, sehingga pihak resto dapat meminimalisir adanya ketidaktersediaan bahan yang akan dipakai. Kode stok Bahan diisi inisialisasi 1 digit dari depan berdasarkan jenis stok bahan yang akan di order, jika diinputkan angka depan “1” = “Sayuran” , “2” = “Ikan’, “3” = “Daging” , “4” = “buah”, “5” = air mineral”, “6” + Softdrink. 


3.5.7. Form Order Pembelian
Pada Desain Order Pembelian ini,, No nota Beli diisi sama dengan No Nota Jual,, berdasarkan tanggal beli dan tidak boleh sama. ID Supplier diisi berdasarkan jenis Item yang dibeli, ID Karyawan Berdasarkan Job masing-masing “ Bagian pembelian = “4” inisialisasi 1 digit dari depan otomatis. 



BAB IV
KESIMPULAN

4.1.       Kesimpulan
1.      Dalam penelitian ini, terdapat desain sistem yang akan digunakan, seperti desain pembelian, desain penjualan, desain transaksi pembayaran, dan pencatatan laporan keuangan.
2.      Dengan adanya sistem informasi informasi restoran ini, dapat membantu dalam implementasi sistem di Restoran Handayani tersebut.

4.2.       Saran
1.      Perbaikan sistem pada proses pencatatan laporan keuangan.
2.      Pengembangan sistem informasi yang telah dirancang untuk Restoran Handayani.

DAFTAR PUSTAKA

·      Setiawan, Efrayim Yoan. 2005. Invantory System Penjualan Makanan dan Minuman di Rumah Makan Leko Iga Sapi Penyet. Digilib STIKOM.
[diakses 3 Oktober 2011]

·        Tetuko Nuswanoto. 2001. Restaurant-Convinience Food Pujasera Online Sistem Pemesanan Makanan. Digilib STIKOM.
[diakses 3 Oktober 2011]

·        Arvin Wongsari. 2010. Proposal-Metodologi-Penelitian. Docstoc.
[diakses 3 Oktober 2011]

·         Endah Anggraini, Rengga Asmara, Wiratmoko Yuwono. 2010. Sistem Informasi Restoran Mahkota Berbasis Php Dan Sms Gateway. Repo Eepis ITS.
[diakses 3 Oktober 2011]

·         Andy Christiawan, dkk. 2009. Pengembangan-Sistem-Informasi-Chric-Restaurant. Scribd.
[diakses 3 Oktober 2011]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar